KATA PENGANTAR
Dengan
mengucapkan syukur Alhamdulillah kehadirat Allah SWT, hanya dengan limpahan
rahmat dan hidayah-Nya, kami dapat menyelesaikan tugas penyusunan proposal
penelitian tindakan kelas ( PTK ) dengan judul “PEMANFAATAN MEDIA ICT DALAM
METODE PEMBELAJARAN LISTENING COMPREHENSION BAHASA INGGRIS UNTUK SISWA KELAS X
AP.1 DI SMK NEGERI 3 KABUPATEN TANGERANG”.
Proposal
penelitian tindakan kelas ini kami susun untuk memenuhi salah satu tugas mata
kuliah TIK. Dalam penyusunan proposal penelitian tindakan kelas ini kami
banyak mendapat bantuan dari berbagai pihak. Untuk itu kami mengucapkan terima
kasih dengan tulus dan sedalam-dalamnya kepada semua pihak yang telah banyak
membantu sehingga proposal ini selesai.
Kami
menyadari bahwa penyusunan proposal penelitian tindakan kelas ini jauh dari
sempurna untuk itu segala kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua
pihak selalu kami harapkan.
Tangerang,
22 mei 2016
Penyusun
DAFTAR ISI
Kata
Pengantar ................................................................................................................ 1
Daftar
Isi .......................................................................................................................... 2
Proposal
Penelitian Tindakan Kelas .................................................................................. 3
1. Judul
.................................................................................................................... 3
2. Pendahuluan
......................................................................................................... 3
a. Latar
Belakang ............................................................................................... 3
b. Identifikasi
Masalah ........................................................................................ 4
c. Pembatasan
Masalah ...................................................................................... 4
d. Perumusan
Masalah ....................................................................................... 4
e. Tujuan
Penelitian ............................................................................................ 5
f.
Manfaat Penelitian .......................................................................................... 5
3. Kajian
Teori ......................................................................................................... 5
a. Keterampilan
Mendengarkan (Listening) ......................................................... 5
b. Metode
Pembelajaran ICT ............................................................................. 6
c. Peralatan
Media ICT ...................................................................................... 7
d. Kelebihan
dan Kekurangan Media ICT dalam Pembelajaran ........................... 7
4. Gambaran
Umum ................................................................................................. 8
a. Seting
Penelitian ............................................................................................. 8
5. Temuan-temuan
................................................................................................... 8
a. Guru
dan Siswa .............................................................................................. 8
b. Tempat
Pembelajaran ..................................................................................... 9
c. Media
Pembelajaran ICT ............................................................................... 9
d. Aktifitas
....................................................................................................... 10
6. Kesimpulan
........................................................................................................ 10
7. Saran
................................................................................................................. 10
8. Informasi
Penulis ................................................................................................ 11
9. Struktur
Kelompok ............................................................................................ 13
10. Foto-foto
........................................................................................................... 13
PROPOSAL PENILITIAN TINDAKAN KELAS
1.
Judul
PEMANFAATAN
MEDIA ICT DALAM METODE PEMBELAJARAN LISTENING COMPERHENSION DALAM BAHASA
INGGRIS UNTUK SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 3 TANGERANG
2.
Pendahuluan
a.
Latar
Belakang
Pendidikan
merupakan suatu kebutuhan mutlak bagi setiap individu. Pendidikan dapat diraih
dengan berbagai cara. Namun, tuntutan zaman mengharuskan individu untuk
mendapatkannya sesuai dengan zaman yang terus berkembang, yang kita sebut juga
sebagai pendidikan masa kini atau modern.
Pendidikan
masa kini yang sedang dijalani oleh para siswa
memang semakin menarik untuk diamati. Terlebih lagi banyaknya alat-alat
canggih yang mudah didapat siswa, namun apakah memang benar semua itu
berpengaruh pada pembelajaran mereka? Benarkah semua itu dimanfaatkan scara
maksimal?
Alat-alat
canggih yang dipakai para siswa masa kini dapat juga disebut dengan ICT atau
Information and Communication Technology. Menurut Puskur Diknas Indonesia, ICT
adalah suatu padanan yang tidak terpisahkan yang mengandung pengertian luas
tentang segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi,
pengelolaan, dan transfer/pemindahan informasi antar media. Pada masa dewasa
ini, cukup banyak sekolah-sekolah yang sudah menggunakan ICT dalam
pembelajaran berdasarkan tuntutan zaman.
Namun,
apakah media ICT dapat bekerja dengan baik untuk pembelajaran siswa? Apakah
media ICT berpengaruh pada keterampilan berbahasa siswa? Keterampilan
berbahasa dan ICT tidak dapat dipisahkan mengingat keterampilan berbahasa
dibagi menjadi 4, yaitu mendengarkan, membaca, menulis, dan berbicara. Kali
ini, penulis akan melakukan observasi lebih lanjut untuk keterampilan
mendengarkan.
b.
Identifikasi
Masalah
Berdasarkan apa yang
telah diuraikan diatas, dapat kami temukan beberapa masalah yang akan
dijelaskan pada laporan ini yang dilakukan di SMK Negeri 3 Tangerang untuk
kelas X AP.1, yaitu:
1. Media
ICT
Fokus kepada
pembelajaran bahasa Inggris yang mencangkup 4 keterampilan, yakni
mendengarkan, membaca, menulis dan berbicara. Observasi ini menelaah lebih
dalam hanya pada satu keterampilan, yaitu mendengarkan (listening).
2. Siswa
Siswa menjadi objek,
apakah media ICT dapat bekerja dengan baik pada keterampilan mendengar siswa
atau tidaknya akan penulis laporkan pada laporan kali ini.
3. Guru
Guru menjadi salah
satu penyalur antara media ICT dan siswa, dimana guru menjadi media dalam
mengoperasikan media ICT untuk pembelajaran mendengarkan siswa.
c.
Pembatasan
Masalah
Dari
uraian identifikasi masalah yang telah disebutkan, maka masalah yang akan di
teliti agar tidak melebar kepada masalah lain dan mengingat keterbatasan waktu
penelitian, sehingga perlu adanya PEMANFAATAN MEDIA ICT DALAM METODE
PEMBELAJARAN LISTENING COMPREHENSION BAHASA INGGRIS UNTUK SISWA KELAS X.AP 1
DI SMK NEGERI 3 TANGERANG.
d.
Perumusan
Masalah
Berdasarkan
latar belakang masalah, identifikasi masalah dan pembatasan masalah tersebut
di atas, sehingga dapat dirumuskan : Seberapa besar efektifitas Pemanfataan
Media komputer, tape, speaker, dan proyektor (ICT) di Laboratorium komputer
dalam membimbing siswa kelas X.AP 1 di SMK Negeri 3 Tangerang mengenai cara
memahami prononcation dalam listening comprehension bahasa inggris.
e.
Tujuan
Penelitian
Penelitian observasi
kali ini memiliki 2 tujuan yang dicapai, yaitu :
1. Tujuan
Umum
Untuk memenuhi tugas
mata kuliah TIK yang diberikan oleh dosen pengampu kami, Arry Patriasurya
M.Kom., MOS.
2. Tujuan
Khusus
Untuk mengetahui
efektifitas Pemanfaatan Media komputer, tape, speaker, dan proyektor (ICT) di Laboratorium
Komputer dalam membimbing siswa kelas X.AP 1 SMK Negeri 3 Tangerang mengenai
cara memahami prononcation dalam listening comprehension bahasa inggris.
f.
Manfaat
Penelitian
Pada penelitian ini,
terdapat beberapa manfaat yang, antara lain :
1. Memiliki
wawasan lebih mengenai penggunaan ICT dalam pembelajaran siswa.
2. Mengetahui
lebih lanjut mengenai pengaruh media ICT pada pembelajaran siswa.
3. Mengetahui
lebih lanjut mengenai media ICT yang digunakan di SMK Negeri 3 Tangerang pada
pembelajaran siswa.
4. Mengenai
lebih lanjut mengenai masalah-masalah yang kerap kali ditemui pada penggunaan
media ICT untuk pembelajaran siswa di SMK Negeri 3 Tangerang.
3.
Kajian
Teori
a.
Keterampilan
Mendengarkan (Listening)
Menurut
Kamus Besar Bahasa Indonesia (dalam Sutari,1997:16), mendengar mempunyai makna
dapat menangkap bunyi dengan telinga. Sadar atau tidak, kalau ada bunyi maka
alat pendengaran kita akan menangkap atau mendengar bunyi-bunyi tersebut. Kita
mendengar suara itu, tanpa unsur kesengajaan. Proses mendengar terjadi tanpa
perencanaan tetapi datang secara kebetulan. Bunyi-bunyi yang hadir di telinga
itu mungkin menarik perhatian, mungkin juga tidak.
Mendengarkan
atau menyimak merupakan proses menangkap pesan atau gagasan yang disajikan
melalui ujaran. Mendengarkan adalah salah satu keterampilan berbahasa yang
sangat penting, disamping membaca, berbicara, dan menulis. Komunikasi tidak
akan dapat berlangsung dengan lancar tanpa keterampilan Mendengarkan.
Keterampilan
Mendengarkan merupakan dasar keterampilan berbicara yang baik. Apabila
kemampuan seseorang dalam mendengarkan kurang, dapat dipastikan dia tidak
dapat mengungkapkan topik yang didengar dengan baik. Dalam proses mendengar,
seseorang tidak memusatkan perhatian pada setiap kata yang didengarnya melainkan
inti pesan yang terdengar. Misalnyasewaktu kita menyimak
acara di radio, kita hanya menangkap beberapa hal dan tidak dapat menangkap
beberapa hal yang lain. Tidak tertangkapkan beberapa hal itu disebabkan oleh
kurang perhatian, kurang tertarik pada topik, atau kurang efisien dalam
menyimak. Menyimak sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari untuk
memperluas wawasan, pengetahuan maupun hanya untuk kesenangan.
b.
Metode
Pembelajaran ICT
Fenomena
pemanfaatan Information and Communication Technology (ICT) dalam pembelajaran
di sekolah semakin bergaung. Bahkan dalam kurikulum 2013 yang akan segera
berlangsung, ICT memegang peranan yang sangat penting dalam pelaksanaan
pembelajaran. Pada kurikulum 2013 dijelaskan bahwa pembelajaran menerapkan
prinsip siapa saja adalah guru, siapa saja adalah siswa dan di mana saja adalah
kelas. Oleh karena itu, pemanfaatan ICT diperlukan dalam rangkan efektivitas
dan efisiensi pembelajaran. Artinya, tidak menutup kemungkinan di tahun-tahun
yang akan datang, materi, tugas dan ditransfer melalui ICT. Perkembangan ICT di
dunia sangat cepat, dari waktu ke waktu.
Perkembangan
ICT tersebut tentunya menjadi potensi yang sangat besar untuk meningkatkan
kualitas pendidikan. Karena teknologi informasi menyimpan informasi tentang segala
hal yang tak terbatas, maka hal ini dapat dimanfaatkan untuk kepentingan
pengembangan pendidikan yang tidak lagi dibatasi oleh ruang dan waktu. Tentunya
hal tersebut akan menjadi tantangan besar bagi guru karena dituntut untuk
mengerti, memahami, mengoperasikan, dan mengeksplor ICT dengan baik sehingga
dapat diaplikasikan dalam pembelajaran. Di samping itu, guru harus berpikir
lebih kreatif, inovatif, dan berwawasan luas sehingga dapat meningkatkan
kualitas pembelajaran.
c.
Peralatan
Media ICT
Media ICT yang
digunakan di SMK Negeri 3 Tangerang pada pembelajaran bahasa Inggris siswa,
yakni :
1. 4
Lab Komputer
2. Internet
(Wifi full untuk satu sekolah)
3. Papan
Tulis Elektronik
4. Komputer
satu set lengkap bagi setiap siswa dan guru
5. Proyektor
6. Speaker
ukuran besar
7. Video
8. Audio
9. Dan
masih banyak lagi.
d.
Kelebihan
dan Kekurangan Media ICT dalam Pembelajaran
Kelebihan dari
pembelajaran berbasis ICT :
1. Melaui
ICT, gambar-gambar dapat lebih mudah digunakan dalam proses mengajar dan
memperbaiki daya ingat dari para murid.
2. Melalui
ICT, para pengajar dapat dengan mudah menjelaskan instruksi-instruksi yang
rumit dan memastikan pemahaman dari para murid.
3. Melalui
ICT, para pengajar dapat membuat kelas interaktif dan membuat proses
belajarmengajar lebih menyenangkan, yang dapat memperbaiki tingkat kehadiran
dan juga konsentrasi dari para peserta didik.
Kekurangan
dari pembelajaran berbasis ICT :
1. Permasalahan
dalam pengaturan dan pengoprasian dari alat tersebut.
2. Terlalu
mahal untuk dimiliki.
3. Kesulitan
untuk para pengajar dengan pengalaman yang sangat minim dalam penggunaan alat
ICT.
4. Sering
terjadi penyalahgunaan teknologi.
4.
Gambaran
Umum
a.
Seting
Penelitian
1. Karakteristik
Sekolah :
Nama Sekolah : SMK
Negeri 3 Tangerang
Alamat Sekolah : Jalan
Moch Yamin , Babakan, Kota Tangerang 15118 – Banten.
Kelas : X Akomodasi
Perhotelan 1
Lingkungan Fisik :
Lokasi sekolah dekat dengan jalan raya
Lingkungan Sosial : Menengah
ke bawah
2. Karakteristik
Siswa :
Komposisi siswa : 3
siswa ( siswa perempuan dan siswa laki-laki)
Kemampuan akademis : Heterogen
Motivasi belajar : Tinggi
Pengetahuan tentang ICT
: Rata-rata
3. Karakteristik
Guru Bahasa Inggris :
Nama guru : Dedih S.Pd
Tempat tanggal lahir : Tangerang,
5 Desember 1977
Pendidikan : S1
Agama : Islam
Pengalaman Mengajar :
2002-sekarang (kurang lebih sudah 14 tahun)
b.
Subyek
Penelitian
Jumlah Guru : 1 guru
(guru laki-laki)
Jumlah Siswa : 3 siswa
Jenis Kelamin : siswa perempuan dan siswa laki-laki
Kondisi Siswa :
Menengah ke bawah
5. Temuan-temuan
a. Guru dan Siswa
Dari pengamatan dan wawancara yang
penulis lakukan dalam dua tahap, terdapat beberapa kesenjangan yang didapatkan,
seperti siswa belum memahami sepenuhnya mengenai media ICT dalam pembelajaran
beserta fungsinya, siswa kerap kali tidak memperhatikan guru saat proses
belajar berlangsung di lab komputer, dan sebagian siswa yang duduk dibelakang
tidak mengindahkan video ataupun audio yang ditayangkan oleh guru.
Menurut Provus (dalam
Fernandes, 1984) kesenjangan didalam pembelajaran adalah untuk mengetahui
tingkat kesesuaian antara baku (standard) yang sudah ditentukan dalam program
dengan kinerja (performance) sesungguhnya dari program tersebut, adapun
kesenjangan didalam pendidikan itu sendiri menurut Provus meliputi beberapa
aspek, yakni :
1. Kesenjangan antara rencana dengan pelaksanaan program.
2.
Kesenjangan antara yang
diduga atau diramalkan akan diperoleh dengan yang benar-benar direalisasikan.
3.
Kesenjangan metode
pembelajaran yang sudah ditentukan didalam KBM dengan pelaksanaannya.
4. Kesenjangan dalam system yang tidak konsisten.
b. Tempat Pembelajaran
Penulis menemukan bahwa tempat
pembelajaran yang dipakai oleh guru dan siswa dalam rangka menggunakan media
ICT bukanlah lab bahasa seperti yang dibutuhkan pada umumnya, melainkan lab
komputer. Guru pengampu mata pelajaran bahasa Inggris setempat mengemukakan
bahwa terdapat alasan mengapa beliau lebih memeilih lab komputer ketimbang lab
bahasa, seperti terdapat beberapa earphone yang rusak yang menganggu proses
belajar siswa. Penulis juga menemukan bahwa SMK Negeri 3 Tangerang memiliki 4
lab komputer, namun yang digunakan untuk aktifitas belajar hanya 1 lab, yakni
Lab Komputer 1. Selebihnya, lab-lab tersebut digunakan secara efektif saat
ujian.
c.
Media
Pembelajaran ICT
Dari pengamatan dan wawancara yang kami gunakan,
guru pengampu menggunakan 4 lab komputer, internet (wifi full untuk satu
sekolah), papan tulis elektronik, komputer satu set lengkap bagi setiap siswa
dan guru, proyektor, speaker ukuran besar, video, audio, dan masih banyak lagi.
Menurut Dr. Wina Sanjaya, M.Pd (2008:242)
pembelajaran menggunakan metode Audio Visual didalam mata pelajaran Listening
dapat meningkatkan ke-efektifitasan siswa dalam mengikuti kegiatan
pembelajaran.
d.
Aktifitas
Kurikulum 2013 yang digunakan oleh SMK Negeri 3
Tangerang menjadi salah satu alasan mengapa media ICT sangat penting bagi
kelangsungan belajar siswa. Aktifitas belajar siswa untuk mengasah keterampilan
mendengarkan siswa di mata pelajaran bahasa Inggris berjalan cukup efektif
mengingat siswa yang kami amati yakni siswa jurusan perhotelan yang menuntut
siswa untuk berbahasa asing dengan baik. Papan tulis elektrik atau LCD proyektor
menjadi fokus siswa dalam kegiatan belajarnya.
6.
Kesimpulan
Berdasarkan pengamatan dan wawancara
yang penulis lakukan, penulis menyimpulkan bahwa media ICT di SMK Negeri 3
Tangerang sudah cukup baik untuk proses belajar berbahasa siswa, khususnya bahasa
Inggris dalam keterampilan mendengarkan. Namun, terdapat beberapa evaluasi yang
hendaknya dilakukan seperti kurangnya minat para siswa yang duduk di paling
belakang lab komputer saat proses belajar berlangsung, dan kurangnya penggunaan
lab bahasa.
7. Saran
Saran yang membangun bagi seluruh pihak
yang terkait tak lupa penulis haturkan demi kebaikan bersama. Melalui ICT,
proses belajar siswa untuk keterampilan mendengar sangat berpengaruh kepada
hasil yang maksimal. Media yang menarik akan membuat siswa tertarik dalam
belajar, dan membuat hasil belajar menjadi lebih optimal. Melalui ICT, dengan
mudah gambaran dapat digunakan untuk pengajaran dan meningkatkan memori
belajar. Melalui ICT, dengan mudah pengajar dapat menjelaskan arahan kompleks
untuk pemahaman pelajar. Dan Melalui ICT, pengajar dapat membuat sesi
interaktif, membuat pelajaran menjadi lebih menarik, yang dapat meningkatkan
minat pelajar, serta konsentrasi pelajar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar