Rabu, 16 November 2016

CONTOH PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS

KATA PENGANTAR

Dengan mengucapkan syukur Alhamdulillah kehadirat Allah SWT, hanya dengan limpahan rahmat dan hidayah-Nya, kami dapat menyelesaikan tugas penyusunan proposal penelitian tindakan kelas ( PTK ) dengan judul “PEMANFAATAN MEDIA ICT DALAM METODE PEMBELAJARAN LISTENING COMPREHENSION BAHASA INGGRIS UNTUK SISWA KELAS X AP.1 DI SMK NEGERI 3 KABUPATEN TANGERANG”.
Proposal penelitian tindakan kelas ini kami susun untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah TIK. Dalam penyusunan proposal penelitian tindakan kelas ini kami banyak mendapat bantuan dari berbagai pihak. Untuk itu kami mengucapkan terima kasih dengan tulus dan sedalam-dalamnya kepada semua pihak yang telah banyak membantu sehingga proposal ini selesai.
Kami menyadari bahwa penyusunan proposal penelitian tindakan kelas ini jauh dari sempurna untuk itu segala kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua pihak selalu kami harapkan.







Tangerang, 22 mei 2016



Penyusun
DAFTAR ISI
Kata Pengantar ................................................................................................................ 1
Daftar Isi .......................................................................................................................... 2
Proposal Penelitian Tindakan Kelas .................................................................................. 3
1.      Judul .................................................................................................................... 3
2.      Pendahuluan ......................................................................................................... 3
a.       Latar Belakang ............................................................................................... 3
b.      Identifikasi Masalah ........................................................................................ 4
c.       Pembatasan Masalah ...................................................................................... 4
d.      Perumusan Masalah ....................................................................................... 4
e.       Tujuan Penelitian ............................................................................................ 5
f.        Manfaat Penelitian .......................................................................................... 5
3.      Kajian Teori ......................................................................................................... 5
a.       Keterampilan Mendengarkan (Listening) ......................................................... 5
b.      Metode Pembelajaran ICT ............................................................................. 6
c.       Peralatan Media ICT ...................................................................................... 7
d.      Kelebihan dan Kekurangan Media ICT dalam Pembelajaran ........................... 7
4.      Gambaran Umum ................................................................................................. 8
a.       Seting Penelitian ............................................................................................. 8
5.      Temuan-temuan ................................................................................................... 8
a.       Guru dan Siswa .............................................................................................. 8
b.      Tempat Pembelajaran ..................................................................................... 9
c.       Media Pembelajaran ICT ............................................................................... 9
d.      Aktifitas ....................................................................................................... 10
6.      Kesimpulan ........................................................................................................ 10
7.      Saran ................................................................................................................. 10
8.      Informasi Penulis ................................................................................................ 11
9.      Struktur Kelompok ............................................................................................ 13
10.  Foto-foto ........................................................................................................... 13


PROPOSAL PENILITIAN TINDAKAN KELAS

1.      Judul
PEMANFAATAN MEDIA ICT DALAM METODE PEMBELAJARAN LISTENING COMPERHENSION DALAM BAHASA INGGRIS UNTUK SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 3 TANGERANG

2.      Pendahuluan
a.      Latar Belakang
Pendidikan merupakan suatu kebutuhan mutlak bagi setiap individu. Pendidikan dapat diraih dengan berbagai cara. Namun, tuntutan zaman mengharuskan individu untuk mendapatkannya sesuai dengan zaman yang terus berkembang, yang kita sebut juga sebagai pendidikan masa kini atau modern.
Pendidikan masa kini yang sedang dijalani oleh para siswa  memang semakin menarik untuk diamati. Terlebih lagi banyaknya alat-alat canggih yang mudah didapat siswa, namun apakah memang benar semua itu berpengaruh pada pembelajaran mereka? Benarkah semua itu dimanfaatkan scara maksimal?
Alat-alat canggih yang dipakai para siswa masa kini dapat juga disebut dengan ICT atau Information and Communication Technology. Menurut Puskur Diknas Indonesia, ICT adalah suatu padanan yang tidak terpisahkan yang mengandung pengertian luas tentang segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, dan transfer/pemindahan informasi antar media. Pada masa dewasa ini, cukup banyak sekolah-sekolah yang sudah menggunakan ICT dalam pembelajaran berdasarkan tuntutan zaman.
Namun, apakah media ICT dapat bekerja dengan baik untuk pembelajaran siswa? Apakah media ICT berpengaruh pada keterampilan berbahasa siswa? Keterampilan berbahasa dan ICT tidak dapat dipisahkan mengingat keterampilan berbahasa dibagi menjadi 4, yaitu mendengarkan, membaca, menulis, dan berbicara. Kali ini, penulis akan melakukan observasi lebih lanjut untuk keterampilan mendengarkan.



b.      Identifikasi Masalah
Berdasarkan apa yang telah diuraikan diatas, dapat kami temukan beberapa masalah yang akan dijelaskan pada laporan ini yang dilakukan di SMK Negeri 3 Tangerang untuk kelas X AP.1, yaitu:
1.      Media ICT
Fokus kepada pembelajaran bahasa Inggris yang mencangkup 4 keterampilan, yakni mendengarkan, membaca, menulis dan berbicara. Observasi ini menelaah lebih dalam hanya pada satu keterampilan, yaitu mendengarkan (listening).
2.      Siswa
Siswa menjadi objek, apakah media ICT dapat bekerja dengan baik pada keterampilan mendengar siswa atau tidaknya akan penulis laporkan pada laporan kali ini.
3.      Guru
Guru menjadi salah satu penyalur antara media ICT dan siswa, dimana guru menjadi media dalam mengoperasikan media ICT untuk pembelajaran mendengarkan siswa.

c.       Pembatasan Masalah
Dari uraian identifikasi masalah yang telah disebutkan, maka masalah yang akan di teliti agar tidak melebar kepada masalah lain dan mengingat keterbatasan waktu penelitian, sehingga perlu adanya PEMANFAATAN MEDIA ICT DALAM METODE PEMBELAJARAN LISTENING COMPREHENSION BAHASA INGGRIS UNTUK SISWA KELAS X.AP 1 DI SMK NEGERI 3 TANGERANG.

d.      Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah, identifikasi masalah dan pembatasan masalah tersebut di atas, sehingga dapat dirumuskan : Seberapa besar efektifitas Pemanfataan Media komputer, tape, speaker, dan proyektor (ICT) di Laboratorium komputer dalam membimbing siswa kelas X.AP 1 di SMK Negeri 3 Tangerang mengenai cara memahami prononcation dalam listening comprehension bahasa inggris.

e.      Tujuan Penelitian
Penelitian observasi kali ini memiliki 2 tujuan yang dicapai, yaitu :
1.      Tujuan Umum
Untuk memenuhi tugas mata kuliah TIK yang diberikan oleh dosen pengampu kami, Arry Patriasurya M.Kom., MOS.
2.      Tujuan Khusus
Untuk mengetahui efektifitas Pemanfaatan Media komputer, tape, speaker, dan proyektor (ICT) di Laboratorium Komputer dalam membimbing siswa kelas X.AP 1 SMK Negeri 3 Tangerang mengenai cara memahami prononcation dalam listening comprehension bahasa inggris.

f.        Manfaat Penelitian
Pada penelitian ini, terdapat beberapa manfaat yang, antara lain :
1.      Memiliki wawasan lebih mengenai penggunaan ICT dalam pembelajaran siswa.
2.      Mengetahui lebih lanjut mengenai pengaruh media ICT pada pembelajaran siswa.
3.      Mengetahui lebih lanjut mengenai media ICT yang digunakan di SMK Negeri 3 Tangerang pada pembelajaran siswa.
4.      Mengenai lebih lanjut mengenai masalah-masalah yang kerap kali ditemui pada penggunaan media ICT untuk pembelajaran siswa di SMK Negeri 3 Tangerang.

3.      Kajian Teori
a.      Keterampilan Mendengarkan (Listening)
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (dalam Sutari,1997:16), mendengar mempunyai makna dapat menangkap bunyi dengan telinga. Sadar atau tidak, kalau ada bunyi maka alat pendengaran kita akan menangkap atau mendengar bunyi-bunyi tersebut. Kita mendengar suara itu, tanpa unsur kesengajaan. Proses mendengar terjadi tanpa perencanaan tetapi datang secara kebetulan. Bunyi-bunyi yang hadir di telinga itu mungkin menarik perhatian, mungkin juga tidak.
Mendengarkan atau menyimak merupakan proses menangkap pesan atau gagasan yang disajikan melalui ujaran. Mendengarkan adalah salah satu keterampilan berbahasa yang sangat penting, disamping membaca, berbicara, dan menulis. Komunikasi tidak akan dapat berlangsung dengan lancar tanpa keterampilan Mendengarkan.
Keterampilan Mendengarkan merupakan dasar keterampilan berbicara yang baik. Apabila kemampuan seseorang dalam mendengarkan kurang, dapat dipastikan dia tidak dapat mengungkapkan topik yang didengar dengan baik. Dalam proses mendengar, seseorang tidak memusatkan perhatian pada setiap kata yang didengarnya melainkan inti pesan yang terdengar. Misalnyasewaktu kita menyimak acara di radio, kita hanya menangkap beberapa hal dan tidak dapat menangkap beberapa hal yang lain. Tidak tertangkapkan beberapa hal itu disebabkan oleh kurang perhatian, kurang tertarik pada topik, atau kurang efisien dalam menyimak. Menyimak sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari untuk memperluas wawasan, pengetahuan maupun hanya untuk kesenangan.

b.      Metode Pembelajaran ICT
Fenomena pemanfaatan Information and Communication Technology (ICT) dalam pembelajaran di sekolah semakin bergaung. Bahkan dalam kurikulum 2013 yang akan segera berlangsung, ICT memegang peranan yang sangat penting dalam pelaksanaan pembelajaran. Pada kurikulum 2013 dijelaskan bahwa pembelajaran menerapkan prinsip siapa saja adalah guru, siapa saja adalah siswa dan di mana saja adalah kelas. Oleh karena itu, pemanfaatan ICT diperlukan dalam rangkan efektivitas dan efisiensi pembelajaran. Artinya, tidak menutup kemungkinan di tahun-tahun yang akan datang, materi, tugas dan ditransfer melalui ICT. Perkembangan ICT di dunia sangat cepat, dari waktu ke waktu.
Perkembangan ICT tersebut tentunya menjadi potensi yang sangat besar untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Karena teknologi informasi menyimpan informasi tentang segala hal yang tak terbatas, maka hal ini dapat dimanfaatkan untuk kepentingan pengembangan pendidikan yang tidak lagi dibatasi oleh ruang dan waktu. Tentunya hal tersebut akan menjadi tantangan besar bagi guru karena dituntut untuk mengerti, memahami, mengoperasikan, dan mengeksplor ICT dengan baik sehingga dapat diaplikasikan dalam pembelajaran. Di samping itu, guru harus berpikir lebih kreatif, inovatif, dan berwawasan luas sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran.

c.       Peralatan Media ICT
Media ICT yang digunakan di SMK Negeri 3 Tangerang pada pembelajaran bahasa Inggris siswa, yakni :
1.      4 Lab Komputer
2.      Internet (Wifi full untuk satu sekolah)
3.      Papan Tulis Elektronik
4.      Komputer satu set lengkap bagi setiap siswa dan guru
5.      Proyektor
6.      Speaker ukuran besar
7.      Video
8.      Audio
9.      Dan masih banyak lagi.

d.      Kelebihan dan Kekurangan Media ICT dalam Pembelajaran
Kelebihan dari pembelajaran berbasis ICT :
1.      Melaui ICT, gambar-gambar dapat lebih mudah digunakan dalam proses mengajar dan memperbaiki daya ingat dari para murid.
2.      Melalui ICT, para pengajar dapat dengan mudah menjelaskan instruksi-instruksi yang rumit dan memastikan pemahaman dari para murid.
3.      Melalui ICT, para pengajar dapat membuat kelas interaktif dan membuat proses belajarmengajar lebih menyenangkan, yang dapat memperbaiki tingkat kehadiran dan juga konsentrasi dari para peserta didik.
Kekurangan dari pembelajaran berbasis ICT :
1.      Permasalahan dalam pengaturan dan pengoprasian dari alat tersebut.
2.      Terlalu mahal untuk dimiliki.
3.      Kesulitan untuk para pengajar dengan pengalaman yang sangat minim dalam penggunaan alat ICT.
4.      Sering terjadi penyalahgunaan teknologi.

4.      Gambaran Umum
a.      Seting Penelitian
1.      Karakteristik Sekolah :
Nama Sekolah : SMK Negeri 3  Tangerang
Alamat Sekolah : Jalan Moch Yamin , Babakan, Kota Tangerang 15118 – Banten.
Kelas : X Akomodasi Perhotelan 1
Lingkungan Fisik : Lokasi sekolah dekat dengan jalan raya
Lingkungan Sosial : Menengah ke bawah
2.      Karakteristik Siswa :
Komposisi siswa : 3 siswa (  siswa perempuan dan  siswa laki-laki)
Kemampuan akademis : Heterogen
Motivasi belajar : Tinggi
Pengetahuan tentang ICT : Rata-rata
3.      Karakteristik Guru Bahasa Inggris :
Nama guru : Dedih S.Pd
Tempat tanggal lahir : Tangerang, 5 Desember 1977
Pendidikan : S1
Agama : Islam
Pengalaman Mengajar : 2002-sekarang (kurang lebih sudah 14 tahun)
b.      Subyek Penelitian
Jumlah Guru : 1 guru (guru laki-laki)
Jumlah Siswa : 3 siswa
Jenis Kelamin :   siswa perempuan dan   siswa laki-laki
Kondisi Siswa : Menengah ke bawah

   5.   Temuan-temuan
         a. Guru dan Siswa
Dari pengamatan dan wawancara yang penulis lakukan dalam dua tahap, terdapat beberapa kesenjangan yang didapatkan, seperti siswa belum memahami sepenuhnya mengenai media ICT dalam pembelajaran beserta fungsinya, siswa kerap kali tidak memperhatikan guru saat proses belajar berlangsung di lab komputer, dan sebagian siswa yang duduk dibelakang tidak mengindahkan video ataupun audio yang ditayangkan oleh guru.
Menurut Provus (dalam Fernandes, 1984) kesenjangan didalam pembelajaran adalah untuk mengetahui tingkat kesesuaian antara baku (standard) yang sudah ditentukan dalam program dengan kinerja (performance) sesungguhnya dari program tersebut, adapun kesenjangan didalam pendidikan itu sendiri menurut Provus meliputi beberapa aspek, yakni :
1.      Kesenjangan antara rencana dengan pelaksanaan program.
2.      Kesenjangan antara yang diduga atau diramalkan akan diperoleh dengan yang benar-benar direalisasikan.
3.      Kesenjangan metode pembelajaran yang sudah ditentukan didalam KBM dengan pelaksanaannya.
4.      Kesenjangan dalam system yang tidak konsisten.

b.  Tempat Pembelajaran
Penulis menemukan bahwa tempat pembelajaran yang dipakai oleh guru dan siswa dalam rangka menggunakan media ICT bukanlah lab bahasa seperti yang dibutuhkan pada umumnya, melainkan lab komputer. Guru pengampu mata pelajaran bahasa Inggris setempat mengemukakan bahwa terdapat alasan mengapa beliau lebih memeilih lab komputer ketimbang lab bahasa, seperti terdapat beberapa earphone yang rusak yang menganggu proses belajar siswa. Penulis juga menemukan bahwa SMK Negeri 3 Tangerang memiliki 4 lab komputer, namun yang digunakan untuk aktifitas belajar hanya 1 lab, yakni Lab Komputer 1. Selebihnya, lab-lab tersebut digunakan secara efektif saat ujian.

c.       Media Pembelajaran ICT
Dari pengamatan dan wawancara yang kami gunakan, guru pengampu menggunakan 4 lab komputer, internet (wifi full untuk satu sekolah), papan tulis elektronik, komputer satu set lengkap bagi setiap siswa dan guru, proyektor, speaker ukuran besar, video, audio, dan masih banyak lagi.
Menurut Dr. Wina Sanjaya, M.Pd (2008:242) pembelajaran menggunakan metode Audio Visual didalam mata pelajaran Listening dapat meningkatkan ke-efektifitasan siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.

d.      Aktifitas
Kurikulum 2013 yang digunakan oleh SMK Negeri 3 Tangerang menjadi salah satu alasan mengapa media ICT sangat penting bagi kelangsungan belajar siswa. Aktifitas belajar siswa untuk mengasah keterampilan mendengarkan siswa di mata pelajaran bahasa Inggris berjalan cukup efektif mengingat siswa yang kami amati yakni siswa jurusan perhotelan yang menuntut siswa untuk berbahasa asing dengan baik. Papan tulis elektrik atau LCD proyektor menjadi fokus siswa dalam kegiatan belajarnya.

6.  Kesimpulan
Berdasarkan pengamatan dan wawancara yang penulis lakukan, penulis menyimpulkan bahwa media ICT di SMK Negeri 3 Tangerang sudah cukup baik untuk proses belajar berbahasa siswa, khususnya bahasa Inggris dalam keterampilan mendengarkan. Namun, terdapat beberapa evaluasi yang hendaknya dilakukan seperti kurangnya minat para siswa yang duduk di paling belakang lab komputer saat proses belajar berlangsung, dan kurangnya penggunaan lab bahasa.

7.  Saran

Saran yang membangun bagi seluruh pihak yang terkait tak lupa penulis haturkan demi kebaikan bersama. Melalui ICT, proses belajar siswa untuk keterampilan mendengar sangat berpengaruh kepada hasil yang maksimal. Media yang menarik akan membuat siswa tertarik dalam belajar, dan membuat hasil belajar menjadi lebih optimal. Melalui ICT, dengan mudah gambaran dapat digunakan untuk pengajaran dan meningkatkan memori belajar. Melalui ICT, dengan mudah pengajar dapat menjelaskan arahan kompleks untuk pemahaman pelajar. Dan Melalui ICT, pengajar dapat membuat sesi interaktif, membuat pelajaran menjadi lebih menarik, yang dapat meningkatkan minat pelajar, serta konsentrasi pelajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar